Manfaat Bunga Pagoda untuk Kesehatan

Advertisement

Advertisement
Advertisement

Bunga bernama latin Clerodendrum Japonicum sweet ini merupakan tanaman hias yang banyak kita temukan di pekarangan-pekarangan rumah, atau di jalanan kota. Bentuknya yang unik berumpak-umpak seperti piramida membuat bunga ini lazim disebut bunga pagoda. Selain warnanya yang merah menyala nan indah, ternyata bunga ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Kali ini penulis akan membahas berbagai manfaat bunga pagoda untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Mari kita bahas satu persatu.baca juga artikel mengenai supaya rambut hitam.

·         Mengobati Insomnia
Penyakit susah tidur ini semakin banyak dialami oleh anak muda masa kini. Kebiasaan bergadang, mudahnya jaringan internet, serta tingkat stress yang cenderung tinggi mengakibatkan banyak anak muda terjangkit insomnia. Bagi anda yang sedang mencari obat insomnia ini, bunga pagoda dapat menjadi salah satu solusi yang mudah. Caranya mudah, ambil bunga pagoda kering secukupnya, kemudian tumbuk dengan halus. Lalu campurkan satu sendok bubuk bunga pagoda ke dalam satu sloki arak manis, minum langsung pada malam hari menjelang tidur.

·         Obat Wasir Berdarah
Wasir menjadi salah satu gangguan pencernaan yang sangat mengganggu.  Bunga pagoda ini dapat juga digunakan sebagai obat penyembuh wasir berdarah. Caranya mudah, cuci bersih 30 gram bunga pagoda dengan usus sapi. Campuran ini bisa digunakan dengan cara ditumis atau dijadikan sayur. Kuahnya anda minum dan usus sapinya dapat dijadikan lauk teman makan anda.

·         Menyembuhkan Bisul dan Koreng
Bisul dan koreng merupakan penyakit kulit yang akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari yang anda lakukan. Untuk mengobati penyakit ini, bunga pagoda dapat dijadikan sebagai obatnya. Ambil daun dan bunga pagoda yang masih segar, cuci hingga bersih. Kemudian tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit madu dan aduk sampai rata. Tempelkan pada bagian tubuh anda yang mengalami bisul atau koreng, diamkan hingga kering. Lakukan 2-3 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat bunga pagoda untuk kesehatan. Selain bunga dan daunnya, akar dari tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat anti radang, peluruh air kencing, menghilangkan bengakak dan menghancurkan darah beku.

Advertisement